oleh

Warga Heboh, Ditemukan Sumber Air Yang Bisa Terbakar

CROSCEK.COM- Fenomena sumber air yang dapat terbakar jika dinyalakan oleh api ditemukan di dukuh dukun, desa Krendowaono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Selain itu, air yang terasa asin juga dipercaya oleh penduduk untuk menyembuhkan penyakit.

Sumber air yang terbakar ada di halaman rumah warga, Solihin (54). Sumber air ini adalah bor bekas yang tidak digunakan karena airnya tidak layak dikonsumsi.

Dari luar, sepertinya pipa sekitar 60 sentimeter. Di ujung pipa, air terus mengalir keluar.

Sekilas tidak ada bau menyengat keluar dari air itu. Tetapi setelah dcicip menjadi hambar, air terasa asin.

“Awalnya memang dari pihak warga mengebor sumur untuk menemukan sumber air bersih, September 2019 lalu. Dari pengeboran di enam titik berbeda, dua sumur berhasil mendapatkan air, salah satu sumur ada di halaman rumah saya,” kata Solihin, Sabtu (20/3/2021).

Penggalian sumur bor dilakukan oleh wrarga daerah dukuh Hamlet karena pada saat itu tidak ada sumber air, sehingga warga mengalami kesulitan mengakses atau mendapatkan air bersih.

Baca Juga:  KLB Demokrat Tetap Berlangsung, Moeldoko Menjadi Ketua Umum

Sejauh ini, warga bergantung pada saluran air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS) atau membeli air isi ulang.

“Pamsimas juga kandungan air kapur nya yang tinggi sehingga hanya bisa dipakai mandi. Jika mau memasak, kami membeli galon isi ulang,” katanya.

Hasil bor yang ada di halaman rumah Solihin memiliki kedalaman sekira 120 meter.
Kendati berhasil mendapatkan air, ternyata kondisi air di sumur tidak layak dikonsumsi.

“Airnya terasa asin, meskipun baunya memang tidak terlalu menyengat. Karena tidak layak dikonsumsi, sumur ditinggal sendiri begitu saja,” jelasnya.

Setelah beberapa saat, lanjutan solihin, air yang mengalir dari bor tersebut semakin kencang. Kemudian diketahui, air yang keluar dari sumur dapat membakar jika dinyalakan dengan korek api.

“Pada awalnya itu adalah para pemuda yang begadang, malam-malam ingin cuci tangan mencari sumber air. Karena gelap, mereka menyalakan korek api. Ternyata disambar dan muncul api,” ujar Solihin.

Hingga saat ini, sumber air masih bisa membakar jika dinyalakan oleh api. Tapi nyala api yang keluar tidak begitu besar, dan masih mudah dipadamkan dengan air yang tertiup angin.

Baca Juga:  PT Pusri Diminta Ikut Berkontribusi

“Ya, klu aku, aku menggunakan api ini untuk kebutuhan harian. Pagi untuk memasak nasi, dan malam untuk merebus air hanya untuk minum kopi aja,” tambahnya.

Agar dapat digunakan untuk memasak, solihin memakai empat kaki besi di ujung pipa. Peralatan memasak kemudian ditempatkan di atasnya seperti yang ditaruh diatas kompor.

“Memang itu tidak besar, tapi cukup bagus untuk menghemat biaya gas. Jika digunakan memasak baik-baik saja, tidak ada bau,” katanya.

Solihin menyampaikan, banyak warga juga mempercayai air sumur tersebut bisa berkhasiat. Hingga saat ini masih ada banyak warga yang tiba untuk mengambil air di sana.

“Warga mengambil airĀ  khusus untuk obat gatal, panu, cades, sakit tenggorokan, dan batuk. Orang percaya dapat pulih dan memang telah terbukti,” jelasnya.

Menurut Solihin, seiring waktu, perubahan juga terjadi pada air. Kemudian, beberapa ikan kecil muncul di taman air tepat di bawah pipa.

Baca Juga:  Geger..! Oknum Kapolsek dan Belasan Anggotanya Ditangkap Propam Terkait Narkoba

“Jadi aliran air itu dialihkan ke sungai. Pada awalnya, sepanjang alirannya tanaman pada mati, di dalam air juga tidak ada hewan yang bisa hidup. Tapi ini ikan kecil yang bisa muncul,” katanya.

Solihin mengatakan dia tidak tahu apa isi yang terkandung dalam sumber air itu, termasuk mengapa air bisa terbakar jika dinyalakan oleh api. Hingga saat ini, belum ada rencana kajian khusus terkait sumber air ini.

“Belum ada rencana dari desa, kemungkinan diambil gas nya, akan tetapi perlu tangki untuk nampung gas,” katanya.

Fenomena unik ini juga menarik perhatian dari luar daerah. salah seorang Warga Desa Kramat, di kecamatan Kebakkramat, Suroto (63), mengaku sengaja meluangkan waktu untuk melihat sumber air tersebut.

“kita sengaja datang untuk membuktikan. Rupanya benar airnya asin dan bisa terbakar. Cuma pengin tahu saja,” tutupnya.

 

source: detik

News Feed