oleh

Pangdam Brawijaya Suharyanto Akan Dilantik Jokowi Jadi Kepala BNPB

CROSCEK.COM.|JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Mayor Jenderal TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Suharyanto saat ini masih menjabat sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya.

Kepala Staf Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan Suharyanto akan dilantik hari ini pukul 13.30 WIB. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta.

“Untuk Kepala BNPB, Presiden akan melantik Mayor Jenderal TNI Suharyanto yang saat ini menjabat sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya,” kata Heru dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11).

Baca Juga:  Mantan Kades Tewas Ditembak Polisi

Pelantikan Suharyanto akan bersamaan dengan pelantikan Jenderal Andika sebagai Panglima TNI. Selain itu, ada pula pelantikan Letjen Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat.

Suharyanto akan menduduki posisi yang sebelumnya dijabat Letjen Ganip Warsito. Ganip telah menjabat sejak 25 Mei 2021 dan akan memasuki masa pensiun bulan ini.

Baca Juga:  Pernikahan Viral Di Medsos Berujung Denda

Mayjen Suharyanto adalah lulusan Akademi Militer tahun 1989. Sepanjang karier, Suharyanto malang melintang di berbagai komando daerah militer.

Ia pernah menjabat sebagai Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) Jaya/Jayakarta pada 2018-2019. Ia juga dipercaya memimpin Kodam V/Brawijaya sejak 2020.

Baca Juga:  Pasien Covid-19 di Wisma Atlet dan Rumah Sakit Daerah Menurun

Suharyanto juga sempat diberi jabatan di luar TNI. Pada 2019-2020, ia menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden mendampingi Jokowi.

Kini di depan matanya, Suharyanto langsung menghadapi tugas berat terkait penanggulangan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, dan serangkaian bencana hidrometeorologi di musim hujan ini.

News Feed