oleh

Mengenal Sosok Dibalik Kesuksesan PKB Sumsel

CROSCEK.COM. PALEMBANG– Jika kita mendengar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sumatera selatan, pastinya akan mendengar nama Ramlan Holdan, sosok politisi yang terkenal dengan konsep konsep dalam memimpin partai Politik.

Pria yang akrab disapa “Mang Ram” ini, mampu membawa PKB Sumsel mengalami perubahan, baik secara struktural kepengurusan maupun gaya berpolitik PKB yang sangat dinamis serta Konseptual.

Buktinya itu, arah positifitas dan gaya tarung yang melekat pada dirinya Mang Ram menjadi fakta membawa kesuksesan bagi kader dan simpatisan PKB Se Sumsel,

Nah bisa dikatakan wajar, sebab pada pemilihan legislatif tahun 2019 PKB Sumsel berhasil meraih 8 kursi di DPRD Provinsi Sumsel

Semenjak tahun 2011 dibawah kepemimpinan Mang Ram, PKB Sumsel banyak mengalami kemajuan yang signifikan, itu semua disebabkan sosoknya cukup piawai dalam menahkodai partai besar sekelas PKB ini.

Melihat tampilan gaya serta cara dirinya dalam memimpin DPW PKB Sumsel pada titik ini, bukan berarti kita mengabaikan lembaran perjuangan nya pada masa masa menempuh proses demi proses.

Sebab, tekad beliau serta keinginan mengangkat nama keluarga membuat hidup lebih baik membuat ia berani dan rela tempuh dengan belajar tekun mencari pengalaman demi pengalaman, maka dengan ihklas pula dirinya bergabung dan mengenyam gemblengan berbagai irama berorganisasi, proses pembelajaran itu harus ia tapaki satu demi satu semenjak menimbah ilmu di bangku kuliah

Baca Juga:  Herman Deru Launching Program Wakaf 100 Ribu Al-Qur'an

Dengan menggenggam prinsif hidup, “ Kerja Keras Menjadi lebih baik ” memang seperti nya tak begitu asing bagi semua, sesederhana itu jua Mang Ram memaknai nya.

Hal itu berbuah kematangan dan ketajaman dalam memimpin sekelas partai politik pada level pengaturan strategi, delegasi politik serta komunikasi politik sehingga sangat paham dengan dunia organisasi politik dan mengetahui bagaimana menjadi pemimpin di sebuah organisasi partai politik.

Pria kelahiran Muara Enim, 15 November 1968 ini sudah berpengalaman berkecimpung di organisasi di semasa berkuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) atau yang dikenal dulu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palembang sebagai anggota Resimen Mahasiswa di Bataliyon ll, jabatan ketua Senat Mahasiswa pernah dia pegang.

Selain itu, berkat rekam jejak seorang Mang Ram (Ramlan Holdan) berada di dunia organisasi ternyata setelah menyelesaikan pendidikannya juga aktif di organisasi kepemudaan seperti Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU).

Diawal ikut organisasi pada Tahun 1987 di pergerakan mahasiswa Islam Indonesia,
dan sekarang di percaya menjadi ketua dewan pembina PMII Sumsel sekaligus Ketua majelis pembina pergerakan mahasiswa Islam Indonesia Sumsel.

Baca Juga:  Herman Deru Ingatkan Advokat Lebih Maksimal Beri Pelayanan Penegakan Keadilan ke Masyarakat

Tahap demi tahap Mang Ram ikuti, dan benar benar ia rasakan proses pengalaman itu untuk berada pada jenjang puncak.

Ramlan Holdan Telah Meraih Berbagai Penghargaan.

Santun dan manut nya dirinya terhadap fase fase itu lalu kemudian jika pada saat nya ia dipanggil atau terpanggil memegang tampuk pimpinan sebuah organisasi dengan begitu ujian dan tanggung jawab hampir sulit dia membedakan ketika kesuksesan harus menjadi taruh bagi Mang Ram.

Sebut saja sederet posisi yang dia pegang mulai dari Pimpinan Cabang (PC) kota Palembang hingga menjadi Pimpinan Wilayah (PW) Sumatera selatan namun sebelum di posisi PW IPNU, Mang Ram juga pernah menjabat ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kota Palembang.

Dengan membawa begitu banyak pengalaman dan konsep berpolitik yang pada akhirnya membawa Ramlan Holdan terjun ke dunia politik sebagai wakil ketua DPC PKB kota Palembang pada tahun 1999 hingga 2004, karena keberhasilannya sebagai wakil ketua akhirnya Mang Ram diangkat menjadi Sekretaris DPW PKB Sumsel pada tahun 2004 hingga 2009.

Pada tahun 2004 hingga 2009 juga tidak hanya menjabat sebagai Sekertaris DPW PKB Sumsel Mang Ram juga mampu membuktikan dirinya menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera selatan, dengan keberhasilannya inilah yang membuat banyak kader melihat potensinya sebagai pemimpin dan menginginkan Mang Ram menjadi seorang ketua Dpw terbukti pada Musyawarah Daerah tahun 2011.

Baca Juga:  Raperda Ponpes dan Raperda Arsitektur Bangunan Ciri Khas Budaya Sumsel Disetujui

Dan akhirnya, seorang Ramlan Holdan mampu menduduki posisi ketua DPW PKB Sumsel periode 2011 hingga 2016, bahkan hingga sekarang yang artinya Mang Ram berhasil dalam memimpin PKB Sumsel selama 2 periode, meski pada saat itu dirinya juga menjabat sebagai anggota DPRD kedua kalinya yaitu periode 2014 hingga 2019.

”Untuk menjadi seorang pemimpin harus memiliki konsep tentang bagaimana membangun suatu organisasi untuk kepentingan orang banyak apalagi sekelas partai, yang mobilitas dan dinamikanya selalu berubah ubah, jika tidak memiliki konsep lalu mau dibawa kemana organisasi itu” ujar mang Ram

Lanjut dijelaskannya,” Apalagi PKB merupakan partai yang memiliki kader dan pemilih tradisional dari warga Nahdatul Ulama di Indonesia,

“PKB partai yang moderat namun selalu berpegang prinsip Rahmat Lil alamin”, ucapnya

”Keberhasilan seorang Ramlan Holdan tidak lepas dukungan dari semua elemen kader partai PKB Sumsel, namun itulah hakikatnya sebuah organisasi saling mendukung dan membangun sehingga pada akhirnya membawa sampai pada tujuan” tutup Mang Ram.

News Feed