oleh

Jokowi Lantik Andika Perkasa sebagai Panglima TNI Siang Ini

JAKARTA- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11) siang.

Berdasarkan informasi, pelantikan dilakukan pada 13.30 WIB. Pelantikan Andika akan dibarengi pelantikan sejumlah pejabat negara.

“Sesuai dengan doorstop Bapak Presiden saat peresmian Tol di Serang, beliau menyampaikan besok (hari ini) akan dilaksanakan pelantikan panglima,” kata Kepala Sekretariat Presiden lewat pesan singkat, Selasa (16/11).

Baca Juga:  Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Hingga 16 Agustus

Andika akan mengisi posisi yang ditinggalkan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun per November 2021.

Jokowi telah memanggil Andika dan Hadi pada Selasa (16/11) sore. Rincian isi pertemuan itu tak diketahui, tapi berkaitan dengan suksesi kepemimpinan di TNI.

Baca Juga:  53 Prajurit TNI Awak Kapal Selam KRI Nanggala Hilang Ditelan Samudera

Dengan aturan yang tertuang di Undang-Undang TNI saat ini, Andika hanya punya masa jabatan sekitar 13 bulan. Ia akan memasuki masa pensiun saat berusia 58 tahun pada 22 November 2022.

Baca Juga:  Gatot Tidak Hadiri Pemberian Tanda Jasa, Bagaimana Nasib Penghargaan?

Sementara itu, posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) kosong usai ditinggalkan Andika. Jokowi akhirnya menunjuk Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Dudung Abdurachman untuk naik pangkat guna mengisi jabatan KSAD tersebut.

News Feed